4 Faktor Utama Penyebab Rpm Mobil Tinggi

4 Faktor Utama Penyebab Rpm Mobil Tinggi

Kondisi rpm tinggi ini sangat berbahaya jika anda biarkan terus menerus. Indikasi sederhana yang bisa anda jadikan patokan adalah ketika sudah sampai angka 1000 maka ini sudah tidak normal, sedangkan batas rpm normal itu ketika ripm idling berada pada posisi (800-900 rpm).

Jika rpm tinggi kebanyakan pemilik mobil tidak mau ambil risiko dan lebih menyerahkan masalah ini ke bengkel, padahal tentu saja sebelum ke bengkel ada baiknya anda memahaminya dulu secara teori, dan nanti akan anda perjelas tanyakan langsung ke montir yang ahli pada bidanganya.

Banyak faktor penentu kenapa rpm melonjak selain dari faktor umum kurangnya perawatan seperti tidak pernah ganti oli mobil sampai dengan faktor usia kendaraan yang semakin tua.

Dampak paling nyata ketika kondisi rpm tinggi ini berlangsung sangat simple, dimana anda akan merasakan kewalahan dalam mengontrol mobil anda pada kecepatan tertentu dan tentu saja ini sangatlah berbahaya dari sisi keselamatan pengemudi sampai dengan kondisi mesin yang akan rusak jika dibiarkan.

Kita akan mencoba analisa secara sederhana berdasarkan fakta yang banyak terjadi sekarang ini, beberapa faktor yang menyebabkan rpm tinggi ini bisa anda baca kemudian lakukan perbaikan sedini mungkin.

1. Water Coolant Rusak, Penyebab Paling Umum Rpm Melonjak

Penyebab utama yang paling sering terjadi adalah ketika rpm mobil tinggi tidak lain adanya kerusakan pada bagian water coolant khususnya pada bagian sensor tempraturnya.

WTS ini sendiri adalah panduan utama yang dijadikan oleh mesin ECU dalam melakukan pendeteksian kondisi panasnya mesin mobil secara utuh.

Selain itu juga akan jelas sekali bagaimana ECU ini bisa menghitung berapa bahan bakar yang normal harus masuk kedalam ruang bakar dan ketika sensornya rusak maka ECU tidak lagi bisa mendeteksi kebutuhan bahan bakar yang masuk akibatnya adalah rpm mobil bisa tidak terkontrol dan tinggi.

2. Fast Idle Air Valve Rusak

Mobil yang sekarang kebanyakan sudah menggunakan Fast Idle Air Valve (FIAV) dimana fungsinya adalah sebagai pembantu dalam memproses pemanasan yang akan terjadi pada bagian mesin ketika mesin dalam posisi diam atau tidak digunakan.

Sistem kerja FIAV sendiri sangat penting dimana akan bekerja sesuai dengan perubahan yang terjadi pada suhu coolant dan tentu saja dalam proses kerjanya supaya maksimal ada bantuan selang radiator disana.

Kebanyakan masalah yang terjadi pada bagian ini, apabila mengalami masalah seperti rusak misalkan maka akan membuat valve akan selalu dalam keadaan terbuka, dan berakibat pada tekanan spring yang berada pada bagian pangkal tidak bekerja maksimal dan mengakibatkan rpm mobil naik lebih tinggi dari kondisi normal.

3. Posisi Throttle valve tidak menutup rapat

Penyebab utama Throttle valve tidak bisa rapat cuman satu sebenarnya karena sudah aus. Jika ini masalahnya mudah anda menyelesaikanya tinggal ganti saja dengan yang baru.

Ketidakrapatan inilah yang memberikan jalan udara masuk dari celah celah yang sudah aus sehingga suhu mesin akan cepat naik dan rpm bisa sampai 1000, usahakan terus cek kondisi rpm mobil anda jangan sampai menyentuh angka tinggi.

Solusinya anda lakukan penggantian yang baru, harganya tidaklah mahal dari harga ganti oli jadi jangan malas untuk memberikan perhatian lebih terhadap mobil kesayangan anda.

4. Masalah Pada Komponen Idle Speed Control

Terkadang masalah pada komponen ini sangat ambigu sekali dan membuat banyak orang tidak mengambil keputusan dengan segera apakah ke bengkel ataut tidak.

Kondisi Idle speed yang tidak normal inilah terkadang membuat orang bingung dimana suhu mesin akan tidak setabil biasanya, kadang normal dan terkadang sangat tinggi kalau ini terjadi segera ke bengkel dan minta lakukan pengecekan pada bagian idle speed controlnya.

Kesimpulan:

Kondisi rpm tinggi sendiri menjadi masalah serius yang harus anda perhatikan karena ini akan menyangkut keamana dalam mengemudi apalagi bagi anda yang sering keluar kota melewati tol misalkan dengan kecepatan tinggi diatas rata rata.

Rpm tinggi dalam perjalanan jauh yang memungkinkan anda tidak bisa berhenti akan tambah berbahaya, anda tidak akan bisa menemukan kesetabilan dalam mengemudi, kemudian akan berpengaruh pada kondisi mesin secara menyeluruh selain faktor perawatan berkala seperti ganti oli rutin masalah rpm juga tidak bisa anda sepelekan.

shares