4 Jenis Makanan yang Kaya Asam Lemak Omega 3

4 Jenis Makanan yang Kaya Asam Lemak Omega 3

Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil trimester pertama merupakan kunci pertumbuhan janin yang baik. Kandungan asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam  dokosaheksaenoat (DHA) bisa memberikan manfaat bagi kesehatan ibu dan janin, misalnya meningkatkan perkembangan otak, sistem saraf serta penglihatan si kecil. Selain makanan yang mengandung asam lemak omega 3, sebaiknya Anda tetap rutin minum susu Lactamil untuk ibu hamil 2 bulan.

Makanan dengan asam lemak omega 3

Anda harus tahu jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu :

1.  Ikan

Ikan memang telah lama dikonsumsi ibu hamil sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan kecerdasan otak janin. Namun, Anda harus tahu mengenai jenis ikan dan seafood yang aman dikonsumsi alias tidak mengandung merkuri tinggi. Jenis ikan yang paling direkomendasikan sebab rendah merkuri adalah ikan salmon, sarden, ikan cod, udang, kepiting, kerang, dan lainnya.

Jenis ikan yang harus Anda hindari sebab kaya merkuri antara lain ikan herring, king mackerel, todak, tilefish atau hiu. Selain itu, Anda harus tahu bahwa minyak hati ikan cod tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Meski Anda bisa mengkonsumsi daging ikan cod, tetapi minyak ikan hati ikan cod yang kaya vitamin A berlebihan bisa membahayakan keselamatan janin.

2. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang harus Anda masukkan dalam menu harian. Bukan sembarang telur biasa yang bisa Anda konsumsi, namun pilih telur organik hasil ayam betina yang mengkonsumsi pakan mikroalga.

Tak hanya telur, Anda wajib tahu jenis makanan yang kaya omega 3 lain yaitu margarin, yoghurt, susu, sereal, dan oatmeal. Susu Lactamil untuk ibu hamil 2 bulan mengandung nutrisi yang baik Anda konsumsi pada masa awal morning sickness.

3. Minyak kanola

Minyak kanola merupakan jenis minyak yang kaya asam lemak omega 3, namun Anda juga bisa menggunakan pilihan minyak lain seperti minyak kedelai, minyak walnut dan minyak biji rami.

4. Buah alpukat dan sayur bayam

Rekomendasi menu buah dan sayur tidak boleh lepas dari menu harian ibu hamil. Pasalnya, kandungan nutrisi pada buah dan sayur sangat mendukung perkembangan buah hati tercinta. Makanan yang kaya serat bisa membuat Anda bebas dari risiko sembelit yang acap mengganggu saluran pencernaan ibu hamil.

Buah alpukat dan bayam merupakan jenis makanan yang kaya asam lemak omega 3, lho! Selain bayam, Anda juga bisa memilih referensi menu sayur yang lain seperti daun kale dan kol brussel.

Yuk, dapatkan nutrisi asam lemak omega 3 dari sumber makanan di atas! Ibu hamil yang memilih asupan makanan terbaik bisa meningkatkan perkembangan janin lebih optimal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi susu Lactamil untuk ibu hamil 2 bulan supaya awal kehamilan Anda bisa terjaga hingga hari persalinan tiba.

shares