5 Manfaat Inulin dalam 5 Olahan Asparagus

5 Manfaat Inulin dalam 5 Olahan Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B9 atau folat. Di dalam asparagus, terdapat pula manfaat inulin bagi kesehatan. Inulin merupakan suatu probiotik yang baik untuk pencernaan.

Olahan Asparagus yang Lezat

Serat inulin bisa diperoleh melalui suplemen tambahan dan secara alami dari sayur serta buah. Salah satu sayuran yang mengandung prebiotik ini adalah asparagus. Asparagus saat belum diolah memang tampak keras. Setelah diolah, sayuran ini bisa melunak dan lembut untuk dimakan. Untuk memperoleh serat inulin secara alami, Anda bisa mulai mengonsumsi asparagus dengan beberapa cara untuk mengolahnya sebagai berikut:

1.     Asparagus Panggang

Asparagus panggang merupakan salah satu cara yang mudah untuk mengonsumsi asparagus. Untuk memanggang sayuran ini, Anda memerlukan minyak zaitun dan garam. Lumuri asparagus dengan minyak zaitun sedikit hingga merata lalu taburi garam. Memanggang merupakan cara memasak yang sehat dibandingkan menggoreng.

2.     Sup Asparagus

Sup merupakan salah satu pilihan utama dalam mengolah asparagus. Biasanya, olahan sup ini dipadukan dengan sayuran lain seperti jamur, wortel, atau jagung. Selain itu, membuat sup asparagus akan lebih mudah mencerna sayuran ini untuk mendapatkan manfaat inulin.

Sup asparagus juga sangat cocok untuk Anda yang kurang makan sayur atau sedang sakit. Vitamin dan mineral dalam asparagus juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

3.     Pasta Asparagus

Olahan asparagus yang lain agar Anda mendapatkan manfaatnya adalah mencampurkannya pada pasta. Saat membuat pasta, Anda lebih baik memasaknya a la aglio e olio yang lebih sederhana dan tidak menggunakan terlalu banyak krim atau keju.

Krim dan keju memiliki kalori yang tinggi dan juga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak oleh pengidap penyakit kolesterol.

4.    Tumisan Asparagus

Dalam proses menumis, Anda sebaiknya memperhatikan minyak terlebih dahulu. Gunakan minyak rendah kalori untuk menumis, misalnya minyak zaitun atau minyak bunga matahari. Tuangkan minyak sedikit kemudian ratakan di wajan.

Tumisan asparagus juga bisa Anda tambahkan dengan bahan lain misalnya jagung dan wortel. Aneka paprika juga bisa menjadi tambahan pada tumisan asparagus.

5.    Asparagus Rebus

Camilan dari asparagus juga bisa Anda buat dengan cara merebusnya. Saat merebus, pastikan asparagus sudah bersih terlebih dahulu. Masukkan asparagus ke dalam air yang telah mendidih lalu tunggu sekitar dua hingga tiga menit. Cek sesekali untuk mengetahui apakah asparagus sudah tidak keras dan bisa diangkat. Setelah diangkat, bilas dengan air dingin.

Anda bisa mengonsumsi langsung atau digunakan untuk kreasi olahan asparagus yang lain.

Selain asparagus, manfaat inulin bisa Anda dapatkan di beberapa sayur dan buah seperti pisang, brokoli, olahan gandum, bawang putih, dan bawang merah.

shares