5 Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Paling Ampuh

5 Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Paling Ampuh

  22 Apr 2019

Mual saat hamil memang menjadi hal lumrah yang terjadi pada awal kehamilan. Tetapi masa-masa ini sebenarnya tidaklah mudah untuk dilewati. Hal ini bukan tanpa alasan karena rasa mual yang terjadi secara berulang-ulang tentu akan mengganggu aktivitas anda karena kesehatan tubuh anda akan semakin terganggu. Mual pada masa kehamilan ini adalah sebagai reaksi karena telah adanya perubahan yang terjadi pada tubuh anda.

Tips mengatasi mual saat hamil muda

Keluhan yang satu ini memang menjadi rintangan tersendiri bagi para perempuan. Jika anda belum paham bagaimana cara mengatasi rasa mual ini, anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini akan dibahas apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hamil muda. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

  1. Mencium aroma wewangian

Tips pertama yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan rasa mual pada masa kehamilan adalah dengan mencium aroma wewangian. Mual yang terjadi pada saat masa kehamilan ini sendiri diakibatkan karena indera penciuman yang semakin sensitive karena adanya hormone estrogen.

Itulah yang menyebabkan jika seorang bunda mencium aroma yang tidak enak sedikit dalam jarak beberapa meter sudah merasa mual bahkan tidak jarang, seseorang tidak suka mencium wewangian apapun. Nah, untuk menghindari hal ini maka anda bisa mencoba untuk mencium wewangian dengan aroma yang segar seperti lemon ataupun romemary

  1. Makanlah sedikit demi sedikit

Adapun hal lainnya yang sering terjadi pada ibu hamil yakni perut akan merasa kembung karena adanya aktivitas asam lambung yang semakin meningkat. Nah, asam lambung yang meningkat inilah akan mengurasi nafsu makan pada seorang bunda. Padahal sebenarnya, ketika hamil seorang bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Nah, agar anda tidak merasa ingin mutah ketika makan, anda bisa makan sedikit demi sedikit. Kendati demikian, anda tidak boleh terlalu sering untuk makan karena hanya akan memperberat sistem pencernaan anda sehingga rasa mual akan semakin bertambah.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh

Kebutuhan akan cairan pada ibu hamil juga cukup penting untuk mencegah adanya rasa mual ketika masa kehamilan. Kendati demikian, anda juga tetap harus memperhatikan cairan apa yang anda masukkan. Nah, untuk mengatasi rasa mual, anda bisa meminum air putih. Konsumsi air putih ibu hamil yang baik adalah 10 hingga 12 per harinya.

Jika kebutuhan cairan tersbeut sudah terpenuhi maka suhu tubuh anda akan semakin meningkat sehingga akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan rasa mual.

  1. Mengkonsumsi jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat yang bagus untuk tubuh para wanita hamil agar terhindar dari rasa mual. Nah, jahe ini ternyata juga cukup baik untuk menghindarkan anda dari rasa mual. Untuk menggunakan cara yang satu ini, anda bisa membuat minuman dari jahe. Atau jika ingin prakstis, bunda bisa menggunakan permen jahe untuk menghindari rasa mual tersebut.

  1. Istirahat yang cukup

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan istirahat yang cukup. Cara sederhana ini dipercaya paling ampuh untuk meredakan rasa mual yang terjadi pada anda. Anda bisa mengambil napas dalam-dalam dan luangkan waktu anda untuk tidur sejenak. Selain itu, cara ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan morning sickness yang sering menimpa ibu hamil

Selain cara diatas, para ibu hamil juga bisa mengalihkan aktivitas mereka pada hal-hal yang disukai dan menghindarkan diri dari penyebab rasa mual tersebut.

shares