Bayi Susah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Bayi Susah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

  27 Jul 2020

Menghadapi bayi yang susah makan memang menjadi momok tersendiri bagi para orang tua, apalagi itu adalah bayi pertama. Di usia emasnya, bayi harus mendapatkan nutrisi yang cukup karena ini berpengaruh pada kesehatannya kelak. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi susah makan. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan uraian berikut ini.

Beberapa Alasan Kenapa Bayi Susah Makan

  1. Adanya distraksi

Hal pertama yang mungkin bisa menyebabkan bayi menjadi susah makan adalah adanya distraksi atau gangguan. Distraksi ini bisa berupa suasana yang tidak nyaman, terlalu fokus pada mainan, suara yang bising, dan lain-lain. Jika terdapat hal-hal yang bisa mengganggu tersebut, sebaiknya coba ajak bayi untuk makan di tempat yang lebih kondusif seperti di kamar atau di halaman rumah yang sejuk.

  1. Sudah kenyang

Alasan yang kedua adalah bayi tidak mau makan karena sudah merasa kenyang. Biasanya ini terjadi ketika bayi memasuki masa mengonsumsi MPASI pertama kali. Bayi akan susah makan karena merasa kenyang setelah meminum ASI. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengatur jadwal antara pemberian MPASI dan ASI. Jangan terlalu memaksa ketika bayi dalam keadaan kenyang. Sebaiknya tunggu beberapa saat sampai sekiranya ia lapar.

  1. Tidak suka makanan baru

Sebagian besar bayi memiliki masalah ketika beradaptasi dengan makanan baru, walaupun tetap masih ada yang mudah untuk mencoba makanan baru. Membiasakan bayi untuk merasakan makanan baru memang membutuhkan waktu, bahkan bisa berminggu-minggu. Pada masa ini memang akan sulit karena bayi akan sering menolak. Namun, sedikit demi sedikit, ia akan beradaptasi dengan makanan tersebut.

  1. Tidak menyukai makanan

Bayi juga akan susah makan apabila dia tidak terlalu menyukai makanan yang diberikan, baik itu tentang tekstur maupun rasa. Bisa jadi tekstur makanan yang diberikan terlalu lembek atau malah terlalu padat. Masalah ini berlaku baik itu pada makanan yang baru maupun makanan lama dengan cara penyajian berbeda. Untuk mengatasi hal ini, coba perhatikan tekstur dan rasa apa yang paling disenangi bayi, kemudian cari atau buatkan makanan dengan tekstur dan rasa yang serupa.

  1. Sedang sakit

Penyebab terakhir bayi tidak mau makan adalah karena sedang sakit. Siapapun pasti akan berkurang selera makannya ketika sedang dalam keadaan kurang sehat, demikian juga dengan bayi. Mungkin terdapat beberapa gangguan pada organ pencernaannya yang membuat bayi tidak nyaman untuk makan. Ketika mengalami keadaan seperti ini, segera bawa ke dokter agar diberikan penambah nafsu makan atau infus untuk sementara jika terpaksa.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab di atas, orang tua akan lebih mudah untuk mencari jalan keluarnya. Rasa khawatir pun tidak akan sebesar sebelumnya. Jadi, sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui penyebab tersebut karena ini berkaitan dengan solusi terbaik untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, anak bisa kembali mau makan sehingga kebutuhan gizinya bisa terpenuhi.

shares