Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Bunda Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Bunda Wajib Tahu!

Susah makan adalah permasalahan yang seringkali muncul ketika bunda memiliki anak kecil. Alhasil demi membuat buah hatinya mau makan, bunda akan mencari tahu segala cara mengatasi anak susah makan. Tentunya kebiasaan susah makan tak bisa bunda biarkan karena selain dapat membuat anak terlihat kurus dan tidak tercukupi asupan gizinya, susah makan juga dapat berakibat fatal yaitu menyebabkan tumbuh kembang si kecil menjadi lambat. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka pertumbuhannya akan jauh tertinggal dibandingkan anak seumurannya. Pastinya, bunda tak ingin hal itu terjadi pada si buah hati bukan? Untuk itu, tak ada salahnya bunda menyimak informasi tentang cara mengatasi anak yang susah makan berikut ini.

Membuatkan Menu Makanan yang Bervariasi

Salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk membujuk anak yang susah makan adalah dengan menyajikan menu makanan yang bervariasi. Menu makanan yang tidak monoton akan membuat si kecil lebih semangat dalam menyantap makanan. Berbeda, ketika bunda hanya memberikan si kecil asupan yang sama setiap harinya, lama kelamaan si kecil pastinya bosan dan lebih memilih untuk tidak memakan makanan yang bunda buat. Misalnya, jika si kecil baru mengenal makanan tambahan pengganti ASI, bunda bisa memvariasikan menu makanannya, misal hari ini bubur beras merah, besok bisa bunda ganti dengan buah buahan seperti pisang atau alpukat dan di hari lain bisa memilih nasi tim. Dengan menu yang beragam akan membuat si kecil semangat makan.

Menyajikan Makanan dengan Cara yang Unik

Namanya juga anak kecil, butuh trik khusus untuk membuatnya tetap lahap menyantap makanan. Apabila bunda menjumpai si kecil sudah malas makan dan tetap asyik dengan kegiatan bermainnya, bunda tak usah pusing. Cara yang bisa bunda lakukan untuk mengajak si kecil makan adalah dengan menghidangkan makanan dengan cara yang unik. Bunda bisa membuat makanan dengan cara dibentuk menjadi karakter yang si kecil suka. Misalnya, membentuk nasi dengan menggunakan cetakan karakter yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Atau, bunda bisa menyulap buah dan sayur menjadi nugget karakter agar si kecil mau mencicipinya.

Memberikan Kesempatan Si Kecil untuk Makan Sendiri

Sebagian besar bunda tak ingin berlama lama saat menyuapi si kecil makan. Mereka berpikir semakin cepat si kecil makan, maka ia dapat menggunakan waktu lainnya untuk meneruskan pekerjaan rumahnya. Padahal, namanya anak kecil, terkadang masih ingin bermain masih ingin melakukan aktivitas yang mereka suka. Alhasil ketika bunda memaksanya untuk makan, malah ia menjadi susah makan. Untuk itu, bagi para bunda yang merasa hal yang sama, tak ada salahnya untuk memberikan si kecil waktu untuk makan sendiri. Meski lama dan membuat makanan tercecer dimana mana. Setidaknya, si kecil akan lebih lahap makan dan lebih mandiri pada akhirnya.

Memberikan Makanan Sesuai dengan Porsinya

Seorang bunda pastinya ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Terkadang, mereka memberikan makanan dengan porsi besar dengan harapan si kecil kenyang. Padahal, yang namanya anak, kebutuhan akan asupan makanan akan sesuai dengan umurnya. Jika bunda memaksakan agar si kecil makan banyak, yang ada malah di kemudian hari si kecil menjadi susah makan. Solusinya adalah bunda mencoba memahami kebutuhan si kecil. Apabila ia sudah tak mau makan, bunda bisa berhenti menyuapinya. Bunda bisa memberikan porsi lebih apabila si kecil yang memintanya sendiri.

Memberikan Makanan yang Bergizi

Jangan hanya kenyang saja yang bunda pikirkan saat memberi makanan untuk si kecil. Salah satu cara mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan makanan yang bergizi. Makanan bergizi tak selalu mengenyangkan. Bunda bisa menvariasikan makanan si kecil dengan buah, sayur, susu, atau camilan. Dengan begitu, si kecil akan lebih semangat dalam menyantap menu makanan yang diberikan oleh bunda. Jadi, bunda benar benar dituntut cerdas agar si kecil tak ada lagi mengenal kata ‘susah makan’.

shares