Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Sehat di Rumah

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Sehat di Rumah

Memiliki kucing betina yang belum di steril memang cukup membuat was-was. Sebab mereka sangat mudah kawin, apalagi bila dilepas bebas. Bukan hanya menghadapi kondisi saat mereka birahi, tetapi juga saat mereka hamil dan melahirkan. Walau terkesan merepotkan, menghadapi kucing melahirkan sebenarnya tidak begitu sulit. Anda hanya perlu tahu cara merawat anak kucing yang baru lahir dengan benar.

Secara umum, para induk kucing yang bila melahirkan di usia tepat dengan alaminya mampu mengurus anak-anaknya sendiri tanpa harus kita bantu. Namun sebagai pemilik, tentu kita pasti memiliki rasa kasihan dan ingin merawat anak-anaknya juga.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Kucing Anakan Kucing

Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan karena bisa membahayakan anak kucing, meliputi:

●       Diletakan di Tempat Terbuka

Hindari menaruh mereka di tempat terbuka dan ramai. Biasanya induk mereka tidak suka dan langsung mencari-cari tempat sepi yang dirasa aman. Sang induk akan merasa terancam bila anak-anaknya mudah dilihat dan bila tempatnya terlalu berisik.

Biarkan mereka di tempat tertutup seperti di balik rak, di dalam lemari yang sudah tidak terpakai, atau pun di kandang yang telah dilapisi kain atau koran (tidak terlalu terbuka).

●       Asal-Asalan Memberi Makanan

Anak kucing yang baru dilahirkan belum boleh dikasih makanan. Induknya akan rutin memberi air susu sebagai nutrisi pertama mereka. Jadi, jangan langsung diberi makan. Bila merasa induknya malas menyusui, beri mereka susu kucing menggunakan dot. Susu kucing dan dot kecil bisa ditemukan di pet shop.

●       Terlalu Sering Memegangnya

Ada kucing yang cuek dan tidak peduli ketika anaknya disentuh manusia, tetapi sebagian besar tidak akan suka. Malah mereka berhenti mengurus anaknya bila sudah disentuh manusia. Lebih baik hindari memegang anak-anaknya. Cara merawat anak kucing yang baru lahir ini bisa diatasi dengan penggunaan sarung tangan saat ingin memegangnya, seperti saat memberi susu tambahan.

●       Dilarang Memandikan Bayi Kucing

Ada kesalahan yang sering dilakukan pemilik kucing yaitu memandikan bayi kucing. Bayi kucing tidak boleh kena air sebelum usia 8 minggu. Mereka justru butuh dihangatkan. Jika tubuh mereka kotor, lap saja dengan tisu, atau biarkan induk mereka yang membersihkannya. Biasanya induk akan menjilat-jilat tubuh anaknya.

●       Membiarkan Kandangnya Kotor

Anda juga tidak boleh membiarkan kandang atau tempat tinggal mereka kotor. Rutinlah mengganti kain alas atau underpad yang digunakan. Bisa juga mengelap kandang dan alasnya menggunakan karbol sereh yang dicampur air lebih dulu untuk mengurangi bau tidak enak. Jangan biarkan mereka tidur di alas yang kotor.

Cara merawat anak kucing yang baru lahir bisa dilakukan dengan melihat kebutuhan mereka. Misal saat melihat induknya mencari tempat untuk memindahkan anak, coba sediakan tempatnya. Berilah induk kucing makanan bernutrisi dan berkualitas agar asupan yang diberikan kepada anak-anaknya ikut bernutrisi juga.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

shares