Cara Sehat Menjaga Kehamilan Sejak Awal Periode

Cara Sehat Menjaga Kehamilan Sejak Awal Periode

Kehamilan adalah masa penantian buah hati yang harus diperhatikan sejak awal periodenya. Tujuannya demi menjaga tumbuh kembang janin mulai awal hingga akhir kehamilan. Setelah menyadari tanda-tanda sperma masuk ke rahim, tanda awal kehamilan pasti dirasakan. Anda harus menyikapinya dengan baik dan melakukan cara ini untuk menjaga kesehatan kandungan.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Asupan nutrisi sangat penting untuk menunjang kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Saat hamil, sangat perlu memperhatikan asupan gizi agar selalu cukup dan selalu lengkap demi terjaminnya tumbuh kembang janin secara optimal. Pemenuhan gizi ini harus diupayakan sejak masa awal kehamilan. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Anda harus memastikan bahwa bahan makanan dan cara pengolahannya sehat. Kadar dan kelengkapan gizi dari setiap jenis makanan juga harus diperhatikan, yaitu mencakup empat sehat lima sempurna.

Dengan pemenuhan gizi secara rutin dan berkelanjutan sejak awal periode kehamilan, kondisi kesehatan akan stabil dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin secara optimal. kesehatan ibu juga akan terjamin, sehingga tidak mudah lelah ataupun sakit.

  1. Makan Tepat Waktu dan Sesuai Porsi

Tak cukup hanya memperhatikan asupan gizi secara kebersihan dan kadar gizinya. Anda juga harus memperhatikan kecukupan gizinya. Penuhilah kebutuhan gizi ibu dan janin dengan mengonsumsi makanan sesuai porsi. Dengan demikian, Anda harus makan dengan porsi yang seimbang dari setiap item jenis makanan.

Secara keseluruhan, tambahkan porsi sedikit lebih banyak dari biasanya karena energi dari makanan tersebut digunakan untuk ibu dan janin. Usahakan untuk makan tepat waktu dan janganlah menunda atau bahkan terlupakan. Tujuannya agar tumbuh kembang janin sehat dan kuat. Kesehatan ibu juga terjamin karena tidak akan kelelahan akibat kekurangan energi.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat juga perlu dilakukan secara optimal. Istirahat tepat waktu dalam waktu yang cukup sangatlah penting untuk mendukung kesehatan tubuh ibu dan janin. Proses recovery saat seseorang tidur akan lebih efektif.

Selain tidur sebagai istirahat aktif, jangan lupa untuk tetap melakukan istirahat pasif ketika merasa lelah ketika beraktivitas atau kelelahan saat berjalan. Istirahat pasif tersebut di antaranya duduk santai, tiduran, dan mendengarkan musik, dan sebagainya.

Anda bisa melakukannya untuk merelaksasikan diri agar tidak lelah ataupun stres. Hindarilah kasus kelelahan dan stres agar kondisi kandungan tetap sehat, terlebih di masa-masa awal kehamilan yang lebih rentan. Jadi, mulailah membiasakan pola istirahat yang baik ketika tanda-tanda sperma masuk ke rahim sebagai tanda awal kehamilan.

  1. Menghindari Pekerjaan Berat

Pekerjaan yang berat tentu sangat membahayakan ibu hamil. Hindarilah pekerjaan yang berat ataupun memberatkan agar tidak membahayakan kandungan. Risiko keguguran lebih tinggi jika di masa awal kehamilan justru melakukan pekerjaan berat tersebut.

Tekanan yang diperoleh tentu tidak baik untuk ibu hamil. Melakukan pekerjaan berat juga memerlukan energi ekstra dan lebih cepat mengakibatkan kelelahan. Jika sudah demikian, risiko kesehatan semakin besar.

  1. Berolahraga Ringan Khusus Ibu Hamil

Ibu hamil tentu tetap bisa melakukan olahraga. Meskipun demikian, olahraga ringan adalah yang diperbolehkan, yaitu olahraga khusus ibu hamil. Anda dapat rutin mengikuti senam hamil yang berkelanjutan sejak awal kehamilan. Dengan berolahraga, Anda akan lebih sehat, kandungan jadi lebih sehat dan kuat, serta terdapat beberapa gerakan khusus sesuai usia kandungan.

Demikianlah beberapa cara sehat yang dapat dilakukan untuk menunjang kesehatan kandungan sejak awal masa kehamilan. Kegiatan tersebut dapat diselaraskan dan dilakukan secara rutin sejak menyadari tanda-tanda sperma masuk ke rahim disertai gejala awal kehamilan. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kandungan ke dokter seperti saran di Orami Magazine.

shares