Cara Yang Benar Membersihkan Botol Susu Bayi

Cara Yang Benar Membersihkan Botol Susu Bayi

  22 Jan 2021

bunda tidak boleh membersihkan botol bayi dengan sembarangan. Botol ini akan menempel pada mulut bayi. Bila tidak steril, kandungan bakterinya bisa mengganggu kesehatan si kecil. Seperti muntah dan diare. Ada dua cara untuk membersihkan botol susu avent philips. Yaitu dengan cara manual dan menggunakan mesin pencuci botol. Botol susu dari avent, terbukti nyaman dan aman untuk si kecil. Terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak membuat bingung putting. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara membersihkan botol susu bayi secara manual

Anda bisa membersihkan botol susu bayi  secara manual dengan tangan. Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. namun anda harus menyiapkan waktu yang cukup. Apalagi anda harus mencuci banyak botol. Berikut ini langkah yang harus dilakukan.

  1. Cucilah tangan anda terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun.
  2. Pisahkan bagian botol susu. Seperti dot, botol, tutup botol dan katup botol. Bilas botol dengan air mengalir
  3. Rendam semua bagian botol susu dengan air hangat yang udah ditetesi sabun khusus bayi.
  4. Bersihkan semua bagian dengan sikat khusus. Terutama dibagian dot yang susah dibersihkan. Pastikan untuk membersihkannya sampai bersih
  5. Kemudian bilas kembali dengan air bersih dan rendam kembali dengan air hangat. Diamkan beberapa menit
  6. Keringkan semua bagian botol dengan handuk kering dan letakkan di tempat tertutup. Supaya tidak terkontaminasi bekteri.

Cara membersihkan botol bayi dengan mesin pencuci

Jika anda ingin waktu yang lebih cepat, bersihkan botol susu bayi dengan mesin pencuci botol. Cara ini memang lebih cepat dan praktis, namun membutuhkan biaya mahal. Berikut ini caranya:

  1. Pisahkan semua bagian botol susu bayi.
  2. Bilas dengan menggunakan air mengalir.
  3. Masukan semua bagian botol ke dalam mesin pencuci.
  4. Gunakan air hangat untuk hasil yang maksimal, supaya bakteri dan kumat mati
  5. Keringkan semua bagian botol dengan handuk bersih dan simpan di tempat kering

Selain membersihkan botol susu bayi, anda juga harus mensterilkannya. Supaya bakteri dan kuman hilang. Sehingga kesehatan bayi anda tidak akan terganggu. anda bisa mensterilakannya dengan air mendidih sekitar 5  menit. Atau anda bisa menggunakan alat khusus mensterilkan botol bayi.

Pastikan untuk membersihkan dan mensterilkan botol bayi sebelum digunakan. Karena ada banyak kuman dan bakteri yang menempel dari bekas susu. Selain itu susu akan meninggalkan lemak yang membuat botol berbau tidak sedap. Pilihlah botol susu bayi yang berkualitas dan terbuat dari bahan yang aman. Salah satunya produk botol susu dari avent. Anda bisa membeli botol susu avent di toko perlengkapan bayi orami https://www.orami.co.id/shopping.

shares