Jarak Menonton TV yang Aman dan Nyaman

Jarak Menonton TV yang Aman dan Nyaman

  24 Jul 2019

Mempunyai waktu luang tentu saja membuat anda ingin melakukan berbagai aktivitas yang lebih santai untuk mengembalikan semangat. Salah satu kegiatan santai yang bisa anda lakukan ketika anda mempunyai waktu luang adalah menonton TV. Kegiatan yang satu ini mungkin hampir sudah pernah dilakukan oleh semua orang yang memiliki TV. Menonton TV mampu memberikan hiburan tersendiri ketika anda merasa lelah dan ingin beristirahat sejenak dari kesibukan maupun kegiatan sehari – hari yang cukup berat. Karena hampir setiap hari TV dilihat maka tidak jarang orang akan memperhatikan kebersihan dari TV tersebut, untuk menjaga kenyamanan saat menonton TV alangkah baiknya jika anda mencari tahu mengenai cara membersihkan layar led tv. Kenyamanan menonton TV bisa anda dapatkan dari berbagai hal seperti tata ruang dan letak TV. Menonton TV tidak hanya memperhatikan kenyamanannya saja melainkan anda harus memperhatikan dari segi keamanan. Tentu saja ada hal yang tidak baik ditimbulkan ketika anda melihat TV dengan aturan yang tidak sesuai, maka dari itu simaklah beberapa informasi yang bisa membuat anda lebih aman ketika melihat TV.

Pernah mendengar jarak pandang menonton TV? Mungkin anda sering mendengar bahwa menonton TV juga ada aturannya untuk menjaga anda tetap aman. Pada intinya hal yang paling harus dijaga keamanannya ketika menonton TV adalah kesehatan mata. Cahaya yang dihasilkan oleh TV memang tidak baik jika dilihat oleh mata terlalu lama, terlalu dekat, dan terlalu jauh. Hal inilah yang mendasari adanya sebuah aturan ketika menonton TV. Jarak pandang merupakan jarak antara TV dengan keberadaan anda ketika menonton TV, hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan mata anda agar tidak mengalami gangguan kesehatan nantinya. Jarak pandang bisa anda ukur dengan sangat mudah, yang perlu anda ketahui untuk menentukan jarak pandang yang sesuai adalah mengetahui ukuran TV yang anda miliki. Semisal jika anda mempunyai TV dengan lebar 40 inci maka idealnya jarak pandang adalah 120 inci atau sekitar 3 meter. Rumus yang biasa digunakan mengukur jarak pandang adalah 3 kali ukuran TV sama dengan jarak pandang yang ideal. Menggunakan rumus tersebut akan membantu anda untuk menentukan jarak pandang yang sesuai sehingga anda akan mendapatkan rasa aman dan nyaman ketika menonton TV.

Apakah memperhatikan jarak pandang menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan? Tentu saja hal ini sangat bersifat wajib. Tidak hanya mendapatkan hiburan pada waktu luang, namun jika anda menonton TV terlalu sering maka akan ada banyak dampak negatif yang bisa anda dapatkan. Dampak negatif yang bisa saja anda alami ketika terlalu sering menonton TV apalagi dengan aturan yang tidak tepat maka anda bisa mengalami seperti penyakit jantung, mengalami insomnia atau yang lebih sering dikenal dengan susah tidur, mengalami obesitas karena kurangnya pergerakan, dan yang paling sering dialami adalah adanya gangguan mata. Tentu saja beberapa hal tersebut bisa mengacam anda jika anda terlalu sering menonton TV dengan tidak memperhatikan aturan – aturan yang sesuai. Berbagai penyakit tersebut muncul karena ketika anda melihat TV anda akan cenderung diam dan kurang beraktivitas tentu saja hal ini akan mempengaruhi banyak hal yang nantinya akan berakibat tidak baik bagi kesehatan.

Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan jarak pandang untuk menonton TV tersebut diharapkan anda bisa menonton TV dengan nyaman dan juga aman. Hal penting lainnya yang harus anda ketahui selain jarak pandang yang penting adalah pencahayaan. Cahaya juga terbilang penting untuk anda perhatikan walaupun TV sendiri sudah mengeluarkan cahaya namun anda tetap harus menyediakan penerangan seperti lampu ketikaakan menonton TV. Menonton TV ditempat yang gelap akan sangat membahayakan keadaan mata anda, maka dari itu pastikan untuk tetap menyediakan pencahayaan ketika menonton TV. Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk bisa menciptakan rasa aman dan nyaman untuk menonton TV, buatlah suasana menonton TV anda baik ketika sendiri maupun bersama keluarga anda menjadi lebih bermakna.

shares