Langkah Parenting untuk Orang Tua Millennial

Langkah Parenting untuk Orang Tua Millennial

Kehadiran buah hati berarti sebagai orang tua Anda wajib memberikan pendidikan kepada anak sejak dini. Menunjukkan kasih sayang tanpa terlihat memanjakan memang tidak bisa dikatakan mudah. Berikut langkah parenting untuk orang tua millennial.

Terlibat dalam Kehidupan Anak

Saat ini, banyak oreang tua yang memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Apalagi semakin banyaknya orang tua yang memiliki karir yang membuat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk buah hati. Sebaiknya Anda belajar untuk membagi waktu kepada buah hati Anda, baik secara mental maupun secara fisik.

Jika Anda dan pasangan merupakan sosok yang sama-sama sibuk, cobalah untuk memanfaatkan waktu kebersamaan Anda dan buah hati Anda dengan sebaik-baiknya. Usahakan Anda mengetahui apa yang tengah anak sukai, apa kesibukan anak Anda saat ini hingga apa yang dibutuhkan anak Anda saat ini.

Jika anak Anda masih kecil, Anda harus mengetahui tumbuh kembangnya saat ini. Jika anak Anda mulai memasuki usia sekolah, usahakan untuk tetap melakukan antar jemput dan tanyakan apa saja yang telah ia lakukan di sekolah. Cobalah juga untuk mengenal teman sekolahnya agar ketika ia bercerita mengenai teman sekolahnya Anda bisa memberikan tanggapan.

Sesuaikan Cara Mendidik dengan Anak

Sesibuk apapun Anda, Anda harus memberikan pengawasan kepada buah hati Anda. Anak Anda akan terus tumbuh dan berkembang sehingga Anda harus selalu menyesuaikan cara mendidik anak-anak Anda sesuai dengan umur dan tipe kepribadian anak Anda.

Ada beberapa anak yang tidak bisa Anda marahi ketika ia berbuat salah karena ketika Anda marah ia justru tidak bisa menangkap di mana letak kesalahannya. Untuk menghadapai anak dengan tipe seperti di atas maka Anda perlu memberi tahu mereka letak kesalahan secara pelan-pelan agar ia bisa benar-benar mengerti dan tidak akan mengulangi kesalahan lagi nantinya.

Tetapkan Aturan

Langkah parenting selanjutnya adalah semenjak kecil anak harus dibiasakan dengan aturan agar bisa membentuk dan mengaplikasikannya dalam kehidupan anak nantinya. Jika Anda terlalu memberikan kebebasan kepada anak saat kecil, ketika dewasa ia akan kesulitan untuk mengatur dirinya sendiri.

Tetapkan aturan sederhana seperti merapikan sendiri mainan yang anak gunakan, membuang sampah makanan yang anak makan di tempat sampah, atau membereskan alat makannya sendiri setelah selesai makan. Hal-hal tersebut akan membuat anak terbiasa untuk mematuhi aturan dalam rumah sehingga ketika sekolah anak tidak kesulitan mematuhi peraturan sekolah.

Biarkan Anak untuk Mandiri

Sedari kecil anak harus Anda biasakan untuk mandiri. Ketika anak ingin mandi sendiri misalnya, biarkan anak untuk melakukannya. Biarkan juga ketika anak ingin memilih pakaian yang akan ia pakai sendiri. Hal kecil seperti ini penting untuk menumbuhkan sikap mandiri pada diri anak.

Itulah langkah parenting untuk orang tua millenial yang memiliki kesibukan masing-masing di luar rumah. Kunjungi situs resmi Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan berbagai tips lainnya.

shares