Mengenal Berbagai Jenis Truk Beserta Spesifikasinya

Mengenal Berbagai Jenis Truk Beserta Spesifikasinya

  21 May 2019

Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa truk itu adalah mobil dengan ukuran besar yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang dalam jumlah yang besar. Namun, tahukah Anda sebenarnya ada banyak jenis dari mobil yang satu ini? Kalau belum, ini dia pembagian jenisnya!

  1. Pick Up

Pertama adalah pick up. Jenis yang satu ini adalah yang paling kecil karena hanya memiliki dua sumbu dan empat buah roda. Pick up rata-rata mampu mengangkut muatan maksimal hingga 1,5 ton saja. Namun, ada juga jenis pick up yang bisa menampung lebih dari itu. Di Indonesia sendiri, pick up sering disebut sebagai mobil pick up.

Sering juga disebut dengan nama mobil box dan gran box. Di Indonesia sendiri, pick up ini ada beberapa bagiannya. Ada carry pick up, I300 dan grand max. Jenis carry dan I300 biasanya digunakan untuk mengantarkan barang pindahan dengan rute tak terlalu jauh. Sedangkan untuk grand max adalah untuk pemaketan dengan kapasitas yang lebih kecil.

  1. Cold Diesel Engkel

Ada juga jenis cold diedel engkel atau CDE. Jenis yang satu ini punya 2 sumbu dan 4 roda seperti pick up. Hanya saja, kapasitasnya berbeda. Rata-rata ia memiliki muatan hingga 2 ton per mobil. Oleh sebab namanya terlalu panjang, mobil yang satu ini sering disebut juga dengan engkel saja dan biasanya digunakan untuk truk sampah.

  1. Cold Diesel Double

Beda lagi dengan yang satu ini. cold diesel double sering disingkat jadi CDD. Ia memiliki dua sumbu dan 6 buah roda. Ukurannya sedikit lebih besar dari engkel dan sering disebut dengan nama canter. Volumenya adalah 12 CBM atau mampu mencapai 4 ton.

Kelebihan dari CDD ini adalah mampu membawa muatan yang lebih banyak. Selain itu, CDD ini juga bisa dimodifikasi mendjadi CDD Long yang mampu membawa barang dengan jumlah lebih banyak lagi.

  1. Fuso

Jenis berikutnya adalah fuso. Fuso ini merupakan tipe yang mirip dengan CDD biasa dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Kapasitas fusi ini adalah 25 CMB atau mampu mencapai kapasitas maksimal 7 ton. Penggunaan jenis yang satu ini biasanya hanya digunakan untu kendaraan niaga di kelas light dan medium saja.

  1. Tronton

Jenis berikutnya adalah tronton. Jenis yang satu ini memiliki 3 buah sumbu dengan jumlah roda adalah 10 buah. Konfigurasi roda dari tronton ini sendiri adalah 2-4-4. Untuk kapasitas, tronton mampu membawa barang dengan jumlah kubikasi sebanyak 30 kubikasi atau CBM. Berat maksimalnya adalah 10 ton.

Tronton ini biasanya digunakan oleh pelaku bisnis ekspedisi. Sebab, selain harganya yang cenderung murah dibanding jenis lain, ia juga mampu membawa barang yang jauh lebih banyak dibanding jenis lain.

  1. Wingbox

Ada juga wingbox. Jenis yang satu ini memiliki kelebihan berupa sis kanan, kiri dan belakangnya bisa dibuka seluruhnya. Hal ini jelas bisa membuat pekerjaan bongkar muat barang jadi lebih mudah. Untuk spesifikasi sendiri, ia memiliki 2 jenis sumbu yakni sumbu 2 dan sumbu 3 dengan kapasitas muatan yang juga bervariasi.

Nah, itulah beberapa jenis mobil truck yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mau mengantarkan barang ke berbagai kota dengan jumlah besar, tinggal pilih salah satunya. Pengiriman bisa lebih mudah dan aman dengan menggunakan bantuan jenis mobil di atas dan pengerjaannya juga bisa lebih cepat selesai.

shares