Mengenal Sarang Semut, Tanaman Asal Papua yang Ampuh Obati Kanker

Mengenal Sarang Semut, Tanaman Asal Papua yang Ampuh Obati Kanker

  07 Nov 2019

Sarang yang akan dibahas ini adalah sebuah tanaman, dimana berasal dari Papua. Tanaman ini termasuk tanaman yang cukup disukai oleh semut, sehingga tak heran namanya pun seolah tanaman ini menjadi rumah dari semut.

Selain populer dikalangan semut, nyatanya tanaman ini pun populer pada manusia. Ada begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh sarang semut, apa saja ? Yuk kita simak ulasan berikut.

Mengulik Tanaman Asal Papua yang Kaya Mafaat

  1. Umbi Sarang Memiliki Senyawa Aktif

Dirangkum dari harapanrakyat.com, tanaman ini menyimpan senyawa aktif yang terdapat pada bagian umbi sarang, bagian inilah yang akan digunakan sebagai obat. Zat yang terkandung pada bagian umbi tanaman ini berupa Tokoferol atau Vitamin E, Tannin, Alfa-Tokoferol, serta sebuah asam fenolik dan Flavonoid yang disebut dengan Polifenol.

Siapa yang menyangka tanaman semut ini, menyimpan begitu banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Kandungan lain yang juga terdapat pada rumah semut seperti fosfor, kalsium, dan magnesium. Senyawa serta seluruh kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan, antikanker, serta dapat digunakan sebagai obat dari berbagai penyakit.

  1. Mampu Menyembuhkan Tumor dan Kanker

Dengan adanya senyawa antikanker tersebut, sudah pasti umbi dari sarang semut ini mampu untuk memerangi tumor atau kanker pada tubuh. Kandungan flavonoid dapat digunakan sebagai antiproliferasi, inaktivasi, karsinogen, serta menghambat siklum sel tumor untuk menyebar hingga ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan tersebut juga digunakan sebagai inhibisi angiogenesis.

Selain mampu menghilangkan tumor pada tubuh pasien, kandungan flavonoid pada umbi tanaman ini mampu mengobati atau menurunkan kanker. Jenis kanker yang dapat diobati oleh umbi tanaman hampir mencangkup seluruh jenis kanker. Beberapa contoh kanker diantaranya adalah kanker rahim, leukemia, kanker otak, kanker hati, hingga kanker payudara.

  1. Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Umbi tanaman semut memang mengandung begitu banyak senyawa kimia, yang dapat digunakan sebagai obat pada manusia. Berlimpahnya senyawa tersebut pun, berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah. Bagi kaum perempuan, senyawa yang ada pada umbi tanaman sangat ampuh untuk mengatasi haid yang tidak lancar serta keputihan.

Dengan peredaran darah yang lancet, sudah pasti kesehatan badan pun lebih terjamin. Bagi kaum perempuan, tentu ada beberapa yang merasakan sakit akibat haid yang kurang lancar. Namun senyawa yang dimiliki oleh umbi tanaman, mampu meminimalisir serta meredakan rasa nyeri tersebut.

  1. Menyembuhkan Stroke dan Penyakit Jantung

Tidak hanya masalah perempuan saja yang dapat disembuhkan oleh umbi dari  tanaman asal Papua ini, penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung pun dapat di obati.  Dengan aliran darah yang lancar, sarang semut dapat mengurangi gejala penyakit seperti gangguan fungsi ginjal, jantung koroner, stroke, hingga TBC paru.

Tentu dengan aliran darah yang lancar, seluruh organ akan befungsi dengan seharusnya. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa tanaman semut banyak digunakan untuk pengobatan pada manusia. Penyakit seperti rematik hingga maag atau migrant pun, dapat disembuhkan karena kandungan senyawa yang terdapat pada tanaman.

  1. Dapat diolah untuk Meningkatkan Produksi ASI

Bagi seorang ibu, tentu perlu mengkonsumsi berbagai vitamin atau nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI mereka. Setiap bayi tentu membutuhkan ASI sebagai asupan nutrisi utama, sehingga makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu pun tidak bisa sembarangan. Sarang semut ini pun, memiliki kandungan yang mampu melancarkan produksi ASI pada sang ibu.

  1. Mengolah Tanaman Herbal

Untuk cara mengolah tanaman herbal ini, anda dapat membuatnya menjadi sebuah serbuk. Caranya adalah umbi tanaman dikeringkan terlebih dahulu, lalu dijemur dibawah matahari hingga kering. Pastikan telah membersihkan seluruh bagian tanaman dengan menggunakan air. Kemudian tanaman yang telah dikeringkan dapat dipotong dan dihaluskan.

Potongan sarang semut ini, dapat anda blender hingga lembut. Atau anda juga dapat mengaluskannya secara tradisional, setelah dihaluskan atau dipotong kecil-kecil masukkan kedalam wadah dan simpan. Ketika hendak diminum, gunakan 200gram tanaman herbal yang telah dihaluskan lalu rebut dengan 3 liter air. Setelah air mendidih, matikan api dan airnya siap untuk diminum.

Tanaman asal Papua ini memang cukup unik, selain digunakan sebagai tempat bersarangnya semut nyatanya tanaman ini memiliki begitu banyak khasiat untuk tubuh. Mengonsumsi 1 hingga 2 gelas sehari saja, dapat meningkatkan imunitas tubuh.  Apabila anda ingin menyembuhkan penyakit, maka konsumsi sebanyak 3 hingga 8 gelas perhari.

shares