Mudah, Ini Perawatan Mesin Kopi Espresso yang Tak Bikin Kantong Melongo

Mudah, Ini Perawatan Mesin Kopi Espresso yang Tak Bikin Kantong Melongo

  30 Sep 2020

Dapat memiliki mesin kopi espresso pastinya menjadi impian para pencinta kopi asal Italia. Tak dapat dipungkiri memang jika menikmati kopi espresso adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Apalagi pembuatannya yang tak mudah, membuat kopi ini semakin mempesona saja di mata para penikmatnya. Tahukah Anda jika dulu para penikmat kopi espresso harus berkorban demi bisa mendapatkan secangkir kopi nikmat ini. Mereka harus rela mengantre panjang dan menunggu dalam waktu yang relatif lama. Namun, hal tersebut tetaplah dijalani karena terbayarkan dengan kenikmatan yang akan dirasakan nanti.

Untuk menikmati secangkir kopi espresso, dulunya orang Italia harus rela mengantree dan perjuangan mereka terbayarkan karena setelah beberapa tahun, mesin kopi espresso ditemukan. Meski mesin masih bekerja secara manual, setidaknya waktu pembuatan kopi bisa sedikit lebih cepat. Zaman cepat sekali berlalu, berkat kecanggihan otak manusia, mesin manual kembali diinovasi menjadi mesin kopi otomatis yang tentunya bisa bekerja lebih cepat dan menghasilkan kopi espresso yang lebih banyak. Bahkan, mesin kopi ini bisa dimiliki oleh siapa saja yang mau membelinya. Meski harganya tak murah, tetapi bagi sebagian penikmat kopi itu bukanlah masalah yang besar.

Bagi mereka yang sudah memiliki mesin kopi otomatis, keberadaannya pastilah akan sangat menguntungkan. Jika dulunya Anda harus rela meluangkan waktu untuk dapat menikmati kopi espresso, kini sejak mesin ada di rumah, kopi espresso bisa dinikmati kapan saja. Di sisi lain, Anda juga dapat menghemat biaya karena Anda tak harus sering menghabiskan uang untuk pergi ke kafe. Dan yang paling menyenangkan adalah Anda tak harus menunggu lama seperti orang italia yang ingin menikmati kopi espresso pada zaman dahulu karena kopi espresso bisa dihasilkan dalam waktu singkat. Bahkan dalam waktu yang cepat, beberapa cangkir kopi siap untuk disajikan. Agar mesin kopi espresso tahan dalam waktu yang lama, Anda pun wajib tahu cara merawat mesin yang benar. Dengan begitu, mesin espresso bisa menjadi teman setia hingga waktu yang lama.

Membersihkan Mesin dengan Air

Mesin espresso bisa tahan dalam waktu yang lama asalkan Anda menggunakannya dengan benar dan merawatnya dengan baik. Perawatan mesin espresso ini sebenarnya mudah dan hanya butuh ketelatenan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan mesin secara berkala. Agar mesin tetap awet, Anda bisa menggunakan air untuk membersihkannya. Air yang digunakan adalah air biasa jangan air panas karena air panas rentan merusak bagian bagian pada mesin. Meski ada yang mengatakan mesin espresso akan cepat bersih jika dibersihkan menggunakan bahan kimia, tetapi Anda bisa mengurungkannya saja. Bahan kimia memang mampu membersihkan dengan cepat. Sayangnya, bahan tersebut dapat berpengaruh pada cita rasa kopi yang dihasilkan.

Menggunakan Sponge

Tak cukup membersihkan mesin espresso dengan air karena dengan hanya mengguyurnya, kotoran kotoran masih belum dapat bersih maksimal. Agar kotoran yang menempel pada mesin espresso dapat menghilang sempurna, Anda bisa menggunakan sponge sewaktu membersihkannya. Penggunaan sponge tidak akan meninggalkan goresan goresan pada mesin. Berbeda ketika Anda memilih untuk menggunakan sikat dimana sikat notabene kebanyakan memiliki tesktur yang kasar. Makanya, agar goresan dapat diminimalisir, sponge dianggap paling ampuh untuk membantu membuang kotoran yang menempel pada mesin tanpa harus meninggalkan goresan yang dapat berpengaruh pada kinerja mesin kopi espresso.

Mengeringkan Sisa Air dengan Lap

Setelah Anda membersihkan mesin kopi espresso, pastinya pada mesin masih terdapat air. Jangan meremehkan air yang menempel pada mesin karena bisa membuat mesin berkarat dan cepat rusak. Untuk itu, sehabis Anda membersihkan mesin dengan sponge, gunakan lap untuk membersihkan sisa sisa air yang menempel. Jangan meninggalkan mesin dalam keadaan basah walau hanya setitik. Ingat, meski mesin kopi yang Anda miliki adalah mesin kopi yang berkualitas seperti mesin espresso dolce gusto, tetapi perawatan yang terbaik wajib diberikan agar mesin tetap bisa menghasilkan kopi espresso yang nikmat sepanjang hayat.

shares