Musisi Lokal dan Mancanegara dalam Satu Karya

Musisi Lokal dan Mancanegara dalam Satu Karya

  10 Sep 2019

Kolaborasi adalah penggabungan; dari dua orang yang berbeda menjadi suatu karya yang satu. Kolaborasi musik biasanya merupakan perpaduan dari dua atau lebih musisi untuk menghasilkan suatu karya bersama. Dalam dunia permusikan, hal ini sudah sangat lumrah dilakukan. Karya-karya yang digarap bersama pun bertebaran demi mewujudkan kreativitas yang mumpuni dan terkadang berbeda dari biasanya. Tidak hanya antara musisi lokal, antara musisi lokal dan mancanegara pun kolaborasi musik ini kerap dilakukan. Berikut adalah beberapa contoh musisi lokal yang bekerja sama dengan musisi mancanegara dalam menghasilkan suatu karya musik:

Agnes Monica

Kabar tentang kejayaan artis wanita yang sudah mengiprahkan namanya ke mancanegara ini memang sudah terdengar kemana-mana. Agner Monica adalah satu dari sekian penyanyi kita yang berhasil go international dan juga berkolaborasi dengan beberapa musisi terkenal, ada Keith Martin, Boys II Menm Michael Bolton, hingga Chris Brown yang sudah digandengnya untuk kolaborasi musik lintas negara. Agnes Monica bahkan pernah berkolaborasi dengan grup vokal senior dan sekaliber Super Junior dan Girls Generation!

Sherina Munaf

Penyanyi wanita Indonesia yang terkenal dari perannya sebagai penyanyi dan artis cilik dari Petualangan Sherina ini juga ternyata sempat menggandeng Westlife untuk berkolaborasi dalam musik.

Dira Sugandi

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan musisi asing Jason Miraz pelantun lagu I’m Yours yang sempat tren beberapa waktu ke belakang. Tapi tahukah Anda jika penyanyi satu ini juga pernah berkolaborasi dengan salah satu musisi Indonesia bernama Dira Sugandi? Kolaborasi penyanyi jazz dengan musisi luar yang kondang ini dilakoni dalam Java Jazz Festival pada tahun 2009.

Astrid

Penyanyi satu ini pernah berkolaborasi dengan salah seorang penyanyi beken asal negeri Gingseng yang drama-dramanya kerap digemari kaum wanita: Korea Selatan. Kolaborasi Astrid bersama penyanyi bernama Tim dalam sebuah lagu berjudul “Saranghamnida” ini pun dilakukan dalam rangka mengisi lagu soundtrack sinetron Indonesia yang juga melibatkan Tim sebagai salah satu pemerannya.

Dewa Budjana

Gitaris salah satu band terpopuler di Indonesia (Gigi) ini juga kerap kali berkolaborasi dengan musisi-musisi mancanegara. Album ke sepuluhnya yang bertauk “Mahandini” adalah contoh keberhasilan dia menggaet beberapa musisi mancanegara seperti Jordan Rudes (kibordisnya Dream Theatre), Marco Minneman, Mike Stem, Monehi Dey. dan masih banyak lagi.

Dengan fakta banyaknya musisi lokal kita yang berkolaborasi dengan musisi mancanegara, kita bisa menyimpulkan jika musisi kita memiliki daya tarik dan ciri khas yang membuat mereka laku tidak hanya di pasar lokal tapi juga inter lokal. Musisi kita pun bisa dibilang berhasil menggelitik pada musisi mancanegara untuk mewujudkan suatu karya bersama dengan berkolaborasi dalam beberapa lagui bahkan album untuk dilemparkan pada  para penggemarnya.

shares