Peminjaman Uang Mudah Cair untuk Usaha Modal Kecil

Peminjaman Uang Mudah Cair untuk Usaha Modal Kecil

  05 Jul 2019

Sebagai karyawan pastilah ada keinginan untuk mendapatkan uang tambahan. Cara tersebut bisa dilakukan dengan berjualan atau berusaha dengan modal kecil. Jika tak punya modal, bisa menggunakan layanan peminjaman uang dengan syarat mudah dan cepat cair.

Beberapa pakar keuangan memang tidak menganjurkan peminjaman uang hanya untuk kebutuhan konsumtif. Tapi, lain halnya jika digunakan untuk kebutuhan produktif. Apalagi usaha kuliner yang umumnya cepat balik modal dalam waktu beberapa minggu saja.

Sebetulnya ada beberapa tempat untuk mengajukan peminjaman uang, diantaranya seperti:

  • Bank
  • Pegadaian
  • Lembaga Non Bank
  • Teman atau Keluarga

Bank

Lembaga konvensional ini memang terkenal royal dalam memberikan kredit UMKM. Hanya saja persyaratannya tidak semudah yang dibayangkan. Bank umumnya baru memberikan kredit atau pinjaman hanya kepada usaha yang sudah berjalan minimal 1 hingga 2 tahun untuk menghindari kredit macet.

Di samping itu, proses pengajuannya pun tidak mudah. Kamu perlu mengumpulkan beberapa dokumen terlebih dahulu sebelum mengajukan permohonan peminjaman uang kepada bank. Selain itu biasanya bank meminta jaminan atau agunan pinjaman.

Proses yang panjang inilah yang perlu kamu tempuh untuk mendapatkan pinjaman di bank. Kelebihannya, bank memberikan bunga yang lebih ringan dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Pegadaian

Lembaga keuangan yang satu ini pun dikenal bisa memberikan pinjaman uang untuk berbagai kebutuhan. Hanya saja tetap perlu memberikan jaminan. Yang paling lumrah dan mudah untuk mendapatkan pinjaman adalah dengan menggadaikan emas atau logam mulia.

Yang perlu kamu lakukan adalah membayar sewa modal serta mengangsur pinjaman sesuai dengan waktu pinjaman yang sudah disepakati. Umumnya pegadaian memberikan batas pinjaman hingga 4 bulan.

Teman atau Keluarga

Cara ini boleh jadi cara yang paling mudah ditempuh. Hanya saja efek buruknya bisa berujung dengan putusnya tali persahabatan bahkan hubungan keluarga gara-gara utang. Apalagi jika tidak ada bukti kekuatan hukum hitam di atas putih.

Pada dasarnya pengajuan pinjaman uang kepada teman atau keluarga hanya membutuhkan modal kepercayaan. Tidak ada bunga dan tidak ada ketentuan kapan harus dikembalikan. Prinsipnya hanya saling membantu satu sama lain. Bahkan terkadang teman atau keluarga yang meminjamkan uang tidak mendapatkan keuntungan finansial apapun.

Lembaga Non Bank

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengajukan pinjaman kepada lembaga non bank. Apalagi saat ini cukup banyak lembaga peminjaman uang online  yang memberikan kemudahan pencairan dana tunai hanya dengan mengajukan pinjaman lewat aplikasi.

Salah satu contoh fintech tepercaya yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan RI adalah Kredivo. Kredivo adalah kartu kredit online yang memiliki layanan peminjaman uang dengan mudah.

Kredivo memberikan kredit limit hingga Rp30 juta. Bunga pinjaman yang diberikan pun ringan hanya 2,95% saja per bulan. Jika dibandingkan dengan perusahaan non bank lainnya, bunga Kredivo jauh lebih rendah.

Cicilannya pun sangat fleksibel dengan pilihan bayar dalam waktu 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan untuk layanan Pinjaman Tunai. Sementara untuk belanja online cicilannya bisa hingga 12 bulan. Berbeda dengan perusahaan lain yang rata-rata hanya memberikan kredit limit Rp2 juta dengan bunga tinggi hingga 1% per hari. Belum lagi dengan tenornya yang terbatas hanya sampai 30 hari saja.

Artinya jika kamu meminjam Rp1 juta selama 10 hari di fintech lain, uang yang harus dikembalikan beserta bunga adalah sebesar Rp1,1 juta. Fakta inilah yang seharusnya dipelajari oleh masyarakat sebelum mengajukan pinjaman meskipun syaratnya hanya membutuhkan KTP saja sehingga lebih mudah.

Berbeda dengan Kredivo, ada syarat khusus yang perlu dipenuhi terlebih dahulu yaitu berusia minimal 18 tahun, punya pendapatan bulanan minimal Rp3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Keuntungan lain, bagi freelancer atau yang memiliki usaha sendiri tak perlu khawatir tidak bisa mengajukan pinjaman untuk tambahan usaha sendiri. Cukup dengan mutasi rekening dari bank saja sudah bisa mendaftar menjadi member Kredivo.

Kredivo memiliki fitur layanan pinjaman mini yang cocok untuk modal usaha kecil. Nominalnya yang bisa dipinjam mulai dari Rp500 ribu dan maksimum Rp1 juta. Sementara pinjaman jumbo memberikan besaran lebih tinggi mulai dari Rp1 juta hingga mencapai batas kredit limit yang tersedia.

Kredivo tidak hanya memberikan kemudahan untuk modal usaha kecil tapi juga bisa digunakan untuk belanja online di lebih dari 200 merchant di Indonesia. Tertarik mulai usaha dengan modal dari Kredivo? Download saja aplikasinya di Google Play Store maupun App Store dan lakukan pendaftaran dengan langkah mudah kurang dari 3 menit saja.

shares