Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beli Mainan Anak Perempuan

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beli Mainan Anak Perempuan

Ada banyak mainan anak yang bisa Anda berikan kepada anak. Namun, sebagai orangtua ada baiknya Anda memilihkan mainan yang terbaik yang memberikan berbagai kemanfaatan agar mainan tidak terbuang sia-sia. Terlebih lagi saat hendak beli mainan anak perempuan. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum beli mainan anak.

1. Kenali Jenis Mainan Edukasi

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenali berbagai macam mainan yang termasuk mainan edukasi. Misalnya saja puzzle, balok warna-warni, piringan warna-warni, krayon, tanah liat, peralatan untuk melukis, lilin adonan, dan sebagainya.

Pilih dan pilah mainan yang sekiranya bisa memberikan kebermanfaatan bagi anak. Terutama memberikan dampak positif pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik anak. Dengan begitu, anak juga bisa turut belajar mengembangkan semua potensi di dalam dirinya.

2. Pilih Mainan untuk Mengembangkan Imajinasi

Selain mainan yang membantu dalam hal edukasi, bisa juga Anda pilihkan mainan yang dapat mengembangkan imajinasi anak. Hal ini juga dapat membantu anak mengembangkan pola pikirnya mengenai daya kreatifitasnya. Mainan yang bisa dipilih misalnya saja mainan transportasi seperti mobil, truk, atau kereta. Ada juga mainan lainnya seperti perangkat peralatan makanan yang berbahan plastik, atau rumah boneka dan segala macam peralatan rumahnya.

3. Pilih Mainan untuk Memecahkan Masalah

Dunia anak adalah dunia bermain. Sekalipun hanya dunia bermain, anak juga perlu belajar dalam menangani studi kasus atau layaknya simulasi dalam memecahkan masalah. Dengan begitu, secara tidak langsung anak bermain sekaligus dapat memberikan bimbingan dalam hidupnya sendiri.

Sedangkan Anda sebagai orangtua bisa memberikan pengarahan. Adapun mainan yang bisa dikategorikan dalam kategori ini bisa berupa puzzle, cat air, adonan mainan, peralatan menggambar dan sebagainya.

4. Sesuaikan Usia

Apabila Anda hendak membelikan mainan anak, usahakan untuk memilih dan memilah sesuai dengan usianya. Biasanya Anda bisa melihat pada label kemasannya. Pada umumnya, label kemasan memberikan informasi mengenai penggunaannya, bahan dari mainan tersebut dan beberapa hal yang tidak diharuskan pada mainan tersebut. Selain menyesuaikan usia, pastikan Anda juga memilihkan sesuai dengan minat dan kebiasaan anak.

5. Aman saat Dimainkan

Masa anak-anak memang masa yang paling sering untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Baik itu dari memegang, melihat, maupun ada beberapa anak yang mencoba untuk merasakan dengan indra pengecapnya. Tak jarang, pemilihan mainan harus sangat selektif. Oleh karena itu saat anak-anak bermain dengan mainannya, usahakan Anda mendampinginya.

Hal ini akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja permainan yang terbuat dari kayu. Jangan sampai serpihan kayu melukainya. Sebagai orang tua, Anda bisa memilihkan mainan dengan memilih di toko perlengkapan bayi. Jangan lupa untuk memperbaiki mainan yang rusak dan membuangnya apabila Anda sudah melihatnya sudah rusak parah.

shares