Punya Banyak Fungsi, Desain Kemasan Tidak Asal Dibuat

Punya Banyak Fungsi, Desain Kemasan Tidak Asal Dibuat

  20 May 2019

Dalam dunia pemasaran, banyak faktor dari suatu produk yang harus dipertimbangkan dengan matang karena potensi penjualan dan minat pembeli bergantung dari pembuatan produk itu sendiri, termasuk kemasannya. Desain kemasan diibaratkan seperti membuat karya seni. Kreativitas yang dipadukan dengan visi bisnis, akan menghasilkan karya baru yang atraktif.

Saat mau membuat desain pada suatu kemasan produk, tidak boleh kamu asal-asalan mengkreasikannya karena kemasan itu harus bisa memiliki guna dan pastinya bisa diterima maupun gampang dipakai oleh konsumen. Untuk menghasilkan suatu kemasan yang terbaik, tentu ada banyak aspek yang harus kamu pikirkan. Memang tidak gampang untuk membuatnya, karena membutuhkan skill dan kreativitas yang tinggi agar menghasilkan kemasan yang interaktif dan punya fungsi.

Pembungkus produk yang dibuat dengan tepat tentu punya fungsi yang bisa diterima oleh masyarakatnya. Fungsi-fungsi yang dimaksud seperti di bawah ini.

  1. Sebagai sarana komunikasi

Desain produk merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh pembeli, sehingga bisa memberikan kesan dan pertimbangan apakah mau membelinya atau tidak. Dalam hal itu, desain kemasan dimaksudkan menjadi sarana komunikasi visual. Dengan kata lain, kemasan yang didesain dengan tepat akan memberikan impresi yang bagus dan akan menampilkan kesan yang berkualitas serta elegan.

  1. Simbol estetika

Ketika pembungkus produk memiliki desain yang unik dan menarik, tentu akan menjadi salah satu alasan kenapa orang memilih produk itu. Simbol estetika yang dikeluarkan oleh kemasan tentu bisa dilihat dari warna, tipografi, serta komposisi.

Banyak contoh yang menyatakan kalau kemasan bisa menjadi nilai lebih untuk produk yang dijualnya. Meski produk itu terlihat sederhana dan harganya yang murah, kamu bisa menaikan harga dengan memberikan estetika pada kemasannya. Dengan cara itu, produk itu semakin punya nilai atau derajat yang lebih tinggi dari produk yang lainnya.

  1. Sebagai wadah pendistribusian

Dalam proses distribusi produk, alurnya yang susah membuat orang tidak gampang melakukannya. Ada banyak sekali tahapan demi tahapan yang harus dilakukan sebelum barang itu diterima oleh konsumennya. Itulah fungsi desain pembungkus produk sebagai wadah pendistribusian. Artinya, nilai produk akan bergantung dari kualitas kemasan yang digunakannya.

Contohnya saja seperti saat kamu mau membeli burger secara dibungkus atau take away. Tentu kamu tidak mau burger yang dibeli langsung dibawa pulang begitu saja tanpa dibungkus. Bisa-bisa, makanannya bisa hancur dan kamu pun tidak mau memakannya karena tidak sesuai dengan selera lagi.

Karena itu, adanya desain kemasan bisa berfungsi sebagai wadah distribusi yang membuat orang tidak usah lagi memegang makanan atau minumannya langsung.

  1. Identitas semakin tegas

Sekarang ada banyak produk yang memiliki kemiripan sehingga harus dibuat seunik dan semenarik mungkin agar terlihat berbeda dengan kompetitornya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan desain pembungkus produk yang tidak biasa. Bukan tanpa alasan karena memakai desain yang unik dan berbeda dengan yang lain, tentu menjadi ciri khas tersendiri untuk produk itu.

Seiring berjalannya waktu, konsumen akan semakin melihat kalau desain yang digunakan menjadi identitas yang tidak gampang terlepas begitu saja. Misalkan makanan crepes yang bentuknya segitiga. Kemasan yang digunakan biasanya memakai bentuk segitiga yang menjadi ciri khas yang konkrit.

Tapi, karena sudah semakin banyak vendor crepes, tentu mereka harus punya identitas sendiri agar gampang dikenal masyarakatnya. Jadi ada beberapa vendor yang memberikan desain-desain khusus yang bentuknya unik dan menarik agar terlihat semakin berbeda dengan yang lain.

Sekali lagi, desain kemasan menjadi salah satu aspek pemasaran yang sangat penting dalam dunia bisnis, apalagi masalah makanan atau minuman. Kamu harus membuatnya sekreatif mungkin agar konsumen berminat untuk membeli produknya. Kalau tidak bisa membuatnya sendiri, ajaklah teman atau menyewa jasa profesional agar hasilnya memuaskan.

shares