Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

  29 Jul 2020

Merawat bayi baru lahir mungkin untuk Anda yang baru memiliki bayi akan merasakan kebingungan dan merabah-rabah. Penting untuk Anda pahami, kemampuan dalam merawat bayi itu bisa Anda pelajari, karena banyak informasi yang tersebar di internet untuk mendapatkannya secara gratis.

Anda tentu tidak bisa sembarangan dalam melakukan perawatan, karena bayi yang baru lahir memiliki sensitivitas terhadap hal apapun, sehingga memerlukan pemahaman dan pengetahuan untuk dapat merawatnya dengan baik dan benar. Untuk Anda yang masih bingung, berikut panduan untuk Anda yang dapat dengan mudah dipahami

1. Fokus pada tali pusat

Bagian ini menjadi paling sensitif dan Anda memang harus menjaga agar terhindar dari infeksi. Perhatikan jika tali pusat lembab habis dimandikan, untuk itu Anda harus mengeringkannya dengan kain bersih atau dapat menggunak cotton buds khusus bayi. Proses hingga sampai putus biasanya antara 2 mingguan, masing-masing bayi berbeda-beda, ketika sudah putus dan kotor bersihkan dengan baby oil dengan ekstra hati-hati.

2. Bersihkan Mata

Perhatikan dalam membersihkan dan mengelap kotoran di mata menggunakan tisu bersih atau steril dengan dibasahi air yang sudah matang agar terhindar dari bakteri, lalu bersihkan kedua mata si kecil dengan tisu yang berbeda dalam setiap membersihkannya.

3. Perhatikan kulitnya

Jangan terlalu sering untuk memandikan bayi Anda dengan alasan untuk kebersihan, cukup satu kali sehari saja dengan tempat khusus atau bak bayi ketika ingin memandikannya. Alasannya untuk sehari sekali saja, karena bayi belum mampu beradaptasi dengan suhu dingin. Penting juga untuk selalu mengatur suhu kamar agar senyaman mungkin untuk terhindar dari kepanasan dan biang keringat.

4. Membersihkan Kulit Kepala

Untuk membersihkan kulit kepala dari debu dan polusi udara yang mengerak, Anda dapat dengan melembabkan dengan baby oil dalam kurun waktu kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan tisu steril. Selalu untuk mengusapnya dengan sangat lembut, karena kulit bayi bagian kepala masih tipis dan terdapat saluran darah langsung ke otak. Terpenting  menjaga bayi tidak berkeringat dan menyebabkan kerak pada kepala si kecil

5. Mencuci Rambut

Pada proses untuk mencuci rambut dilakukan kurun waktu 2 minggu dengan shampo khusus bayi dan lakukan dengan lembut dalam merawat bayi baru lahir.

6. Bersihkan Hidung

Sebenarnya hidung memiliki filter tersendiri untuk membersihkan bagian dalamnya, apabila bayi mengalami batuk dan mengganggu pernapasan penting untuk menggunakan aspirator hidung untuk menguranginya, apabila berkelanjutan ada baiknya Anda konsultasi dan berobat dengan dokter.

7. Bersihkan Telinga

Bagian ini sama pada hidung, Anda tidak perlu membersihkan bagian dalamnya dan bersihkan saja untuk bagian luar

8. Merawat mulut

Tidak treatment khusus untuk merawat mulut bayi Anda, karena belum terlalu banyak konsumsi makanan ketika baru lahir, Anda dapat dengan membersihkan lidahnya bekas ASI yang mengendap dengan kain bersih dan ingat tangan Anda dalam keadaan bersih, sehingga terhindar dari jamur candida.

9. Memperhatikan kuku

Perhatikan kuku bayi Anda dan jangan terlalu panjang, dapat Anda lakukan dengan memotongnya menggunakan alat khusus gunting bayi.

10. Menjaga kebersihan pantat bayi

Ada banyak bahan kimia deterjen, sisa kencing/feses, dan pampers,membuat pantatnya kemerahan dan gatal apabila tidak dibersihkan dengan rutin, selalu perhatikan agar pantat bayi Anda selalu kering dan harus bersih agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan gatal-gatal.

Demikianlah mengenai merawat bayi baru lahir dan semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda.

shares